Kurikulum

Kurikulum Agribisnis

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnyamemuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulummemuatmata kuliah/modu l/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

Kompetensi Lulusan Agribisnis

Profil  Lulusan Agribisnis

1.    Manajer/Pelaku usaha Agribisnis

2.    Perencana Pembangunan/Pegawai Pemeritah

3.    Fasilisator PengembanganMasyarakat Agribisnis/Penyuluh Pertanian

4.    Konsultan/Peneliti Agribisnis

5.    Manajer/karyawan pada lembaga keuangan



Untuk mencapai profil tersebut maka kompetensi yang diperlukan adalah:

1.      Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi serta mengorganisasikan usaha agribisnis pertanian, perikanan, peternakan serta agroindustri yang berkelanjutan dengan berlandaskan etika bisnis.

2.      Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan agribisnis berbasis pertanian berkelanjutan.

3.      Mampu mengidentifikasi permasalahan, memfasilitasi, memediasi dan mengembangkan  kapasitas masyarakat dalam sistem sosial, ekonomi dan nilai budaya serta kearifan lokal.

4.      Mampu berpikir analitik untuk mengidentifikasi, merumuskan masalah dan akar masalah serta mencari solusi berlandaskan kaidah ilmiah.

5.      Mampu merencanakan, menyusun dan merumuskan kebijakan pembangunan pertanian dan pedesaan berbasis agribisnis.

6.      Mampu bernegosiasi dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku   kepentingan dalam pengembangan sistem operasi agribinis.

7.      Mampu berfikir analitik terhadap kondisi dan  masalah keuangan

Kompetensi pendukung:

1.      Mampu menggunakan teknologi informasi termutakhir yang mendukung pengembangan usaha agribisnis dan pembangunan pedesaan.

2.      Mampu mengkomunikasikan ide baik lisan maupun tulisan secara terstruktur, sistematis dan komprehensif.

3.      Mampu melakukan telaah publikasi ilmiah yang berkaitan dengan bidang agribisnis dan pembangunan pedesaan.

4.      Mampu beradaptasi cepat dengan lingkungan  sesuai dengan tuntutan kerja

 

Kompetensi lainnya:

1.      Mampu mengembangkan usaha kecil dan menengah berbasis industri kreatif, teknologi informasi dengan mendayagunakan potensi lokal.

2.      Mampu memahami prinsip dasar penanganan hasil pertanian khususnya yang relevan dengan pengembangan agroindustri.

3.      Mampu menerapkan nilai-nilai ke Islaman dalam lingkungan kerja

 

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.